5 Cara Memperbaiki VCRUNTIME140.dll Dengan Mudah

Cara Memperbaiki VCRUNTIME140.dll pada windows - kesalahan VCRUNTIME140.dll pada Microsoft umumnya muncul apabila kita ingin membuka sebuah aplikasi, Adapun pesan kesalahan yang di tampilkan adalah sebagai berikut

"The program can’t start because VCRUNTIME140.dll is missing from your computer".

Error VCRUNTIME140.dll adalah sebuah kesalahan yang diakibatkan Microsoft Visual Studio namun tidak lancar sehingga membuat aplikasi tidak bisa dibuka.  

Perlu diketahui bahwa Vcruntime140.Dll merupakan ekstensi yang dimiliki oleh aplikasi Microsoft C Runtime Library. Ekstensi tersebut mempunyai ukuran 80 kb serta Masalah ini kerap muncul di berbagai versi windows baik itu windows XP, 7, 8, 10, Versi 86 (32) atau 64 bit

5 Cara Memperbaiki VCRUNTIME140.dll

Berikut ini merupakan tutorial 5 cara memperbaiki VCRUNTIME140.dll pada windows baik itu di perangkat laptop ataupun komputer sobat yang berhasil kami rangkum dan dapat sobat coba.

1. Jalankan System File Checker (SFC) dari PowerShell

Windows menawarkan kepada penggunanya fitur untuk memperbaiki file yang rusak di memori. System File Checker Windows memudahkan untuk menemukan file yang rusak di sistem dan kemudian memperbaikinya secara otomatis.

Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk memulai System File Checker di laptop kamu:

  • Masuk ke menu 'Start' dan ketik Windows PowerShell apabila sudah ketemu, klik kanan dan pilih 'Run As Administrator'. Maka akan terbuka sebuah jendela biru. 
  • Ketik sfc/scannow pada jendela PowerShell dan klik 'Enter'. Nantinya, PowerShell akan melakukan pemindaian. 

Setelah pemindaian selesai maka secara otomatis akan melakukan perbaikan pada file yang rusak. 

2. Registrasi Ulang File VCRUNTIME140.dll dari Commnad Prompt

Langkah ini adalah yang paling efisien karena akan registrasi ulang file VCRUNTIME140.dll dan memperbaiki kesalahan yang muncul secara otomatis. Berikut caranya:

  • Buka 'Command Prompt' dengan klik 'Win + R' dan di jendela 'Run' yang terbuka ketik cmd lalu tekan 'Enter'.
  • Setelah 'Command Prompt' terbuka, pastikan jika ada tulisan system32 di paling akhir. Kemudian, masukan perintah regsvr32 /u VCRUNTIME140.dll dan tekan 'Enter'. 
  • Selanjutnya masukkan perintah regsvr32 VCRUNTIME140.dll dan tekan 'Enter' untuk register ulang file VCRUNTIME140.dll. 

3. Mengunduh dan Instal Ulang File .dll

Apabila cara di atas tidak juga menyelesaikan masalah maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunduh dan menginstal ulang file VCRUNTIME. caranya adalah
  • Pertama download file vcruntime140.dll disini atau disini
  • Kemudian lakukan ekstrak file yang sudah di unduh
  • Copy-kan file vcruntime140.dll kedalam direktori system kita.
  • Untuk windows 64-bit biasanya ada di C:\Windows\System64\
  • Untuk windows 64-bit biasanya ada di C:\Windows\System32\
Setelah selesai melakukan paste, Anda bisa melakukan restart pada komputer untuk memudahkan proses pembacaan agar lebih cepat dilakukan.

4. Instal Visual C++ 2015

Cara yang keempat ini adalah menggunakan aplikasi yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet, ini jika Anda kesusahan dengan eror tersebut. Untuk mengunduh dan memasangnya, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini:
  • Unduh aplikasi visual c++ redistributable 2015 di laman resi Mirosoft, dan pastikan Anda mengunduhnya sesuai dengan jenis sistem operasi dengan versi yang sama dan sesuai dengan Windows yang dimiliki.
  • Instal sesuai dengan tata cara dan instruksi yang ditampilkan
jika sudah lakukan restart pada perangkat komputer yang Anda gunakan.
Setelah melakukan restart biasanya program akan mengalami perbaikan oleh aplikasi tersebut dan bisa dijalankan setelahnya.

5. Instal Ulang Program yang Corrupt

Cara terakhir dengan menghapus program tersebut kemudian melakukan proses instalasi ulang. Ini biasanya terjadi jika aplikasi yang Anda miliki sebelumnya mengalami corrupt atau rusak ketika diunduh.
  • Buka aplikasi Run di Windows, yakni dengan menekan secara bersamaan keyboard windows dan huruf R.
  • Kemudian ketikkan appwiz.cpl lalu tunggu hingga proses muat selesai.
  • Akan muncul program yang Anda miliki, carilah program aplikasi yang bermasalah tersebut, kemudian klik uninstall.
  • Jika sudah, Anda harus melakukan restart pada perangkat komputer Anda.
  • Kemudian lakukan instal ulang aplikasi yang sempat error tersebut.
Setelah proses instalasi selesai dilakukan, Anda juga dianjurkan untuk melakukan restart pada komputer Anda untuk menghindari kerusakan.

Itulah 5 cara yang bisa sobat lakukan apabila mengalami masalah pada VCRUNTIME.dll ini, Apabila ada pertanyaan, kritik, pesan, dan saran silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat dan trimakasih

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments