Persentase Baterai Laptop Tidak Bertambah Saat Di Charge? Baca Nih Solusinya

Persentase baterai laptop tidak bertambah saat di charge? baca nih solusinya - Beberapa hari yang lalu saat sedang menggunakan laptop dalam keadaan di charger atau dicas saya merasa ada yang janggal, pasalnya batrai pada laptop yang saya gunakan tersebut tidak mau terisi dan saat di perhatikan presentase batrai pada laptop tersebut hanya menunjukan kapasitas awal saat di charger. Hal ini tentu saja membuat saya bingung dan sayapun mencoba untuk melakukan beberapa upaya agar dapat membuat laptop tersebut normal kembali

Baterai laptop tidak dapat terisi saat di charger


dalam beberapa kasus yang saya temukan dibeberapa forum ternyata tidak sedikit juga yang mengalami kasus ini pada laptopnya dari berbagi merek termasuk asus, dan acer dan sayapun mengalami pada laptop toshiba, bahkan ada yang laptopnya tidak mau terisi sama sekali (presentase batrai hanya 0%) kasus ini juga dapat terjadi di berbagai sistem operasi atau windows seperti windows 7, windows 8, bahkan windows 10. dengan keterangan yang hampir serupa yaitu error plugged in not charging.
Lalu bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki masalah ini? sebelum kita masuk ke cara mengatasinya ada  baiknya kita mengetahui beberapa hal yang dapat mengakibatkan error ini guna mengantisipasi kejadial hal serupa di kemudian hari

Beberapa hal yang dapat menyebabkan batrai pada laptop dan notebook tidak bisa di charger, diantaranya :


  1. Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. Hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita, padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge. 
  2. Gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.
  3. Critical Battery Level yang terlalu rendah. Pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karenanya aturlah sebisanya pada level 10%.
Setelah kita mengetahui penyebab laptop tidak bisa di charger berikut ini merupakan cara untuk penangananya yang dapat sobat lakukan apabila sobat mengalami kasus yang serupa

# 1. Periksa  kabel


  • Ganti kabelnya. Ganti adaptor sobat jika mengalami kerusakan atau pemakaian watt-nya tidak cocok untuk komputer sobat.
  • Adaptor Mungkin Terlalu Panas, Coba Diamkan Sebentar karena biasanya charger yang terlalu sering digunakan atau terlalu lama masuk ke laptop, akan lebih mudah cepat panas. Jika panas, cobalah untuk mencabutnya dari laptop dan biarkan menjadi dingin terlebih dahulu. Biasanya, charger yang overheat atau kepanasan menimbulkan kerusakan pada charger-nya sendiri, atau bahkan pada baterai laptop. Terlepas dari apa penyebab pastinya, kamu mungkin perlu mulai men-charge laptop dalam kondisi yang dingin.

# 2. Nyalakan ulang laptop dengan melepaskan baterai


Matikan laptop, cabut dayanya, lalu keluarkan baterai dari laptop. Baterai biasanya dapat dibuka dari bagian bawah laptop, dan mungkin memiliki kunci yang bisa dibuka menggunakan koin, atau dilepaskan dengan mengangkat tuas. Biarkan baterai dikeluarkan selama sepuluh detik, pasang kembali, lalu nyalakan laptop. Colokkan laptop kembali setelah menyala, dan tunggu sepuluh detik untuk melihat apakah laptop kini mengisi daya. namun Tidak semua laptop memiliki baterai yang mudah diakses. Jika komponen baterai tidak terlihat jelas, cukup dengan cara nyalakan ulang laptop  saja tanpa harus mencabut baterai.

# 3.Biarkan laptop mendingin. 


Apabila dirasa perangkat tersebut memiliki hawa yang sangat panas, ada baiknya untuk mendiamkanya beberapa saat guna memulihkan suhu agar dapat normal kembali. disaat suhu sudah kembali normal barulah kita dapat mencoba kembali untuk mencharger perangkat tersebut sambil memperhatikan apakah laptop tersebut sudah kembali dapat di charger dengan baik atau belum

# 4. Ganti pengisi daya (charger) laptop. 


Pastikan sobat menggunakan charger yang sesuai dengan kebutuhan laptopnya, dan sangat di sarankan untuk menggunakan charger original, apabila sobat tidak mempunyai charger tersebut sobat dapat mencoba untuk meminjam terlebih dahuu kepada rekan sobat yang memiiki tipe laptop yang serupa atau charger yang sama

# 5. Periksa Konektor, Voltase, dan Ampere Charger


  • Periksa apakah konektor sama, voltase sama, dan ampere-nya sama atau lebih besar dari laptop yang digunakan. Apabila kamu menggunakan charger laptop yang universal (bisa untuk semua merek laptop), pastikan voltase-nya dan komponen lainnya sama dengan laptop,
  • Biasanya, masalah baterai laptop yang tidak bisa terisi disebabkan karena charger yang berbeda dari laptopnya. Merek yang berbeda tidak masalah, selama voltase, ampere, konektor, dan lainnya sesuai dengan kekuatan laptop dan baterainya.

# 6. Periksa batrai


Langkah pertama lepas baterainya. Debu mungkin menumpuk atau baterainya tidak dipasang dengan benar. Luangkan waktu untuk membersihkan debunya, dan pastikan bahwa tidak ada kerusakan.
  • Jangan lupa ingat-ingat kembali sudah berapa lama laptop sobat digunakan. Baterai pasti mengalami penurunan daya tahan sehingga akan cepat lobet atau bahkan tidak mengisi sama sekali. 
  • Kemudian segera ganti baterai sobat kalau laptopnya sudah dalam kategori laptop lama. Bisa jadi, baterai sobat memang seharusnya udah diganti dari dulu.
  • Lalu periksa apakah laptop sobat masih dalam masa garansi atau tidak. Jika ya, kemungkinan besar baterai atau adaptornya masuk dalam garansi

# 7. Menguninstal Driver Api Baterai Pada Windows.


Dalam beberapa kasus tidak sedikit juga yang berhasil mengatasi error ini pada laptopnya, untuk itu apabila dari berbagai macam cara di atas tidak juga membuahkan hasil maka tidak ada salahnya jika sobat juga mencoba cara ini. berikut langkahnya
  • Cabut Charger atau casan di laptop atau notebook lalu matikan perangkat sobat
  • Setelah sobat mematikan laptop atau netbook tersebut cobalah untuk mencabut batrai dan memasangnya kembali. (Apabila laptop sobat menggunakan baterai tanam mau tidak mau sobat harus membongkarnya terlebih dahulu, dan jika laptop sobat masih memiliki garansi sangat tidak dianjurkan untuk mengikuti cara ini dan ada baiknya langsung serahkan ke service center agar tidak menghanguskan garansi)
  • Hidupkan laptop sobat dan pergi ke Device Manager, untuk pergi ke device manager  yang perlu sobat lakukan mengikuti step by step berikut ini :

               - klik start button yang berada di pojok kiri
               - setelah itu klik kanan My Computer
               - setelah itu muncul pilihan kamu pilih Properties
               - stelah sobat sudah masuk my computer, kamu pilih Device Manager.
  • Setelah masuk Device Manager akan muncul bebrapa kategori driver, yang sobat lakukan sekarang.
               - sobat pilih kategori Batteries.
               - klik kanan pada Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery pilih Uninstall.



  • Matikan laptop atau notebook sobat dan lakukan cabut pasang batrai lagi
  • Pasang charger atau casan laptop atau notebook lalu Hidupkan Laptop atau notebook sobat.
  • Masuk lagi ke Device manager, sekarang klik kanan pada kategori kategori Batteries, setelah itu akan muncul dua pilihan yang sobat pilih “scan for hardware changes” seperti gambar di bawah ini.



  • Biarkan windows mendowload dan memperbaiki driver sendiri setelah selesai lakukan restart laptop tersebut dan sekarang Baterai sudah normal kembali

# 8. Dengan Menggunakan System Restore.


dengan tool system restore bawaan windows ini ternyata bisa juga kita gunakan untuk membuat laptop normal kembali karena tool ini bisa mengembalikan pengaturan menjadi baru seperti habis di instal, kenapa harus menggunakan tool ini ? karena tool bawaan windows ini bisa memperbaiki driver yang corrupt atau juga system yang error.

langkah menggunakan tool system restore :

  • Klik Start Buton
  • Cari di kolom pencarian, ketikan pada kolom pencarian "System Restore" 
  • Setelah itu klik pada system restore lalu jalankan.
  • pilih "Restore Recomended File System"
  • Finish.

dan semoga dengan cara ini laptop sobat dapat normal kembali tidak ada lagi yang namanya Baterai Plugged in Not Charging.

# 9. Menginstal Ulang Laptop Atau Notebook


sebenarnya menggunakan system retore itu bisa mengembalikan pengaturan ke pertama instal hanya saja tidak semua pengaturan atau file system kembali lagi, sangat beda dengan instal ulang bisa mengembalikan semuanya atau keseluruhan menjadi baru lagi seperti laptop atau notebook bawaan cara ini juga sangat ampuh untuk mengatasi "Baterai Plugged in Not Charging".

# 10. Cara Paling Ampuh Dari Segala Macam Cara Di Atas


jika sobat sudah melakukan cara 1, 2 dan 3 masih belum work bisa jadi baterai yang sobat gunakan sudah benar - benar rusak nah dengan itu sobat bisa melakukan cara ke 4 ini, kenapa admin buat judulnya Cara Paling Ampuh Dari Segala Macam Cara Di Atas, karena dengan cara satu ini terbilang sangat - sangat dan super ampuh , admin mulai lebay hehehe, penasaran nah caranya sobat ganti Baterainya dengan yang baru, sobat bisa beli Baterainya di toko acc komputer dan toko online.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesmpatan pada kali ini, apabila sobat memiiki kritik pesan dan saran sobat bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini yang sudah saya siapkan guna melengkapi dan menyempurnakan artikel ini. terimakasih dan semoga bermanfaat
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments