cara mengatasi printer epson lampu tinta dan kertas berkedip

Solusi dan cara mengatasi ERROR pada printer epson lampu tinta dan kertas berkedip - Pada umumnya printer memiliki 2 lampu led yaitu Hijau dan Orange yang tentunya lampu led tersebut memiliki fungsi tersendiri.  Ada beberapa kode LED yang di tunjukan oleh printer apabila terjadi kesalahan atau error yaitu dengan menunjukan isyarat led yang berkedip baik secara bersamaan maupun secara bergantian. Pada printer Epson l220, l210, l120, l360, l355, l110, dan l360 seringkali kedapatan tidak bisa beroprasi dengan baik dan hanya menampilkan indikator led yang menyala


Arti LED Pada printer yang berkedip BLINKING


Lampu (LED) baik merah ataupun hijau yang berkedip pada printer yang bermasalah pada umumnya terjadi karena beberapa hal berikut, yaitu;

  • Letak kertas tidak ideal
  • Kertas macet
  • Catridge tinta yang tidak tepat pemasangannya
  • Keadaan tinta rendah
  • Tinta pad sudah berada di akhir masa kerja

Langkah awal untuk mengatasi permasalahan lampu (LED) Yang berkedip


Ada banyak cara yang mungkin dapat sobat coba untuk mengatasi masalah pada printer ini, namun sebelum melakukan cara - cara yang dirasa cukup sulit sobat bisa melakukan cara di bawah ini sebagai pertolongan pertama jika printer mengalama error

  • Matikan power dan lepas colokan listrik dari printer.
  • Setelah terlepas, colokkan lagi kabel power ke printer.
  • Dalam keadaan printer masih off, tekan tombol indikator kertas (tombol stop) dan tahan. sebagaimana cara mengatasi printer epson l210 lampu tinta dan kertas berkedip terus.
  • Sambil tetap menekan tombol stop, nyalakan printer dengan menekan tombol power. Tekan agak lama sekitar 5 – 10 detik sampai lampu indikator listrik pada tombol power menyala warna hijau.
  • Setelah lampu indikator warna hijaunya hidup, baru saya lepaskan tekanan pada tombol stop

Banyak yang sudah melakukan cara ini untuk langkah awal apabila printer mengalami error ini dan berhasil membuat printernya kembali normal seperti sedia kala, tapi Apabila sobat sudah melakukan cara diatas namun tidak membuahkan hasil, silahkan sobat lakukan beberapa cara dibawah ini guna mengatasi permasalahan error yang terjadi pada printer sobat

6 cara mengatasi printer epson l120, l220, l210, l120, l360, l355, l110, l360 lampu tinta dan kertas berkedip



#1. Mengisi ulang tinta
Ketika lampu indikator pada lampu tinta menyala bisa jadi print anda tengah mengalami krisis tinta. Yang mana hal ini menyebabkan print anda tidak bisa melakukan tugas seperti biasanya karena isi berada di batas minimum. Pada print biasanya terdapat batas minimum agar dapat melakukan printing, sehingga anda harus selalu aware agar jangan sampai print anda kehabisan tinta. Sebab hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada print.


#2. Memeriksa bagian dari printer
Cara kedua anda harus memeriksa print pada bagian input kertas. Karena bisa jadi kedipan lampu indikator pada Print Epson L210 ini disebabkan oleh adanya kertas yang tersangkut. Sehingga hal ini menyebabkan macetnya print, caranya cukup dengan membuka bagian atas print. Kemudian periksalah dengan teliti apakah ada kertas atau benda lain yang terselip pada bagian print.


#3. Memompa tinta
Apabila jumlah tinta pada printer masih berada pada batas aman tetapi perangkat macet, anda bisa memompa tinta. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memompa tinta agar dapat naik ke head dengan cara menekan tombol dengan tanda segitiga di dalam lingkaran warna merah selama tiga detik. Setelah itu anda bisa mematikannya dan menghidupkannya kembali.


#4. Mereset ink level
Cara ini cukup mudah dilakukan yaitu dengan menghidupkan perangkat anda seperti biasa. Kemudian tekan lama tombol tinta atau tombol resume selama lima detik dan lepaskan. Setelah itu lakukan lagi selama tiga detik dan lepaskan. Kemudian tekan lagi selama satu detik tanpa jeda dengan langkah sebelumnya.

#5. Reset dengan printer
Apabila ketiga cara mengatasi Printer Epson L210 indikator tinta serta kertas berkedip yang sudah dijelaskan di atas belum bisa membuat print anda berfungsi, maka cara terakhir yang bisa ditempuh adalah mereset print anda. Peresetan ini dilakukan karena biasanya pada sebuah print memang terdapat batas maksimal untuk mencetak, sehingga perlu dilakukan peresetan menggunakan sofware. Hal ini dilakukan untuk mengatur ulang agar seperti posisi awal. Caranya adalah dengan mendownload tool resetter yang bisa didownload sesuai dengan tipe print ini yaitu L210.



#6. Bawa ke Service Center Terdekat
Dari beberapa cara diatas yang sudah saya paparkan, seharusnya printer sobat sudah dapat dipakai dengan normal seperti sebelumnya, tapi kemungkinan ada beberapa diantara sobat sekalian yang masih belum dapat menangani masalah ini. apabila demikian silahkan sobat lakukan cara yang terakhir ini dengan membawa printer yang bermasalah tersebut ke Service Center terdekat guna mendapat penanganan lebih lanjut yang pastinya di tangani oleh ahli dalam bidangnya
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments