cara mengatasi driver wifi tidak terinstall

cara memperbaiki wifi laptop yang tidak terdeteksi - WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity dan memiliki standar IEEE 802.11x, yaitu teknologi wireless atau nirkabel yang memiliki kemampuan penyedia akses internet dengan bandwidth besar, hinggai 11 Mbps (pada standar 802.11b). Menurut saya pribadi, peran wifi itu sendiri di Komputer, laptop ataupun handphone baik itu berbasis Android ataupun Windows Phone sangat penting sekali. selain cara penggunaanya yang mudah dan portable wifi juga memberikan pelayanan koneksi yang cepat. Lalu apa jadinya kalau Laptop yang kita gunakan wifinya belum terinstal atau sulit di instal bahkan hilang? dan kenapa wifi di windows tidak bisa on? yah sama seperti kasus yang pernah saya alami sebelumnya saat menginstal ulang laptop Lenovo Seri G40 - 45 ke windows 8 ataupun 10 Wifipun jadi bermasalah dan tidak bisa diinstal drivernya baik menggunakan DriverPack/Easydriver (WnDrv) hanya muncul tanda silang dan bertuliskan no Wi-Fi available. mungkin kejadian ini juga pernah sobat alami atau bahkan mungkin sedang dialami pada laptop kesayanganya yang mungkin bukan hanya lenovo tapi juga acer, toshiba, asus, hp, axio dan lain sebagainya. 

Cara mengatasi wifi pada windows yang tidak berfungsi

Bagi sobat yang ingin mencoba untuk mengembalikan fungsi wifi pada perangkat kesayanganya  bisa langsung mengikuti beberapa cara pada postingan ini guna mengatasinya icon wifi di windows yang hilang atau tidak muncul dan tidak bisa on serta tidak terdeteksi di laptop.

#Metode 1 Dengan Masukkan Perintah untuk Memperbaiki Tidak Ada Wi-Fi setelah Pembaruan Windows 10

Penting: Ikuti step by step di bawah ini dengan cermat. Masalah lain mungkin akan terjadi jika sobat salah memodifikasi registri. maka dari itu diharapkan sebelum sobat memodifikasinya, buatlah cadangan registri terlebih dahulu untuk pemulihan jika terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Sobat dapat menggunakan perintah untuk memperbaiki masalah Windows 10 no Wi-Fi ini jika dipicu oleh perangkat lunak VPN.
  • Ketik cmd ke dalam kotak pencarian pada taskbar dan klik kanan Command Prompt untuk Run as administrator. Ini dapat meluncurkan Command Prompt sebagai Administrator.


  • Masukkan perintah berikut dan tekan tombol Enter:

eg delete HKCR\CLSID\{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f


  • Masukkan perintah di bawah ini di kotak Command Prompt dan tekan Enter sekali lagi: 

netcfg -v -u dni_dne

  • Nyalakan ulang komputer dan periksa kembali dengan pengaturan Wi-Fi Anda. Anda sekarang harus melihat daftar yang dihidupkan kembali dari semua jaringan yang tersedia dalam jangkauan.

Catatan: Jika Anda memiliki klien Cisco VPN, klien Sonic Global atau perangkat lunak VPN lainnya yang berjalan di komputer Anda dan Anda berencana untuk meningkatkan ke Windows 10, Anda dapat menghapus VPN sebelum melanjutkan. 

#Metode ke 2 - Atur ulang tumpukan TCP / IP

Jika dua solusi sebelumnya tidak menyelesaikan pekerjaan, Anda dapat mencoba dengan mengatur ulang susunan TCP / IP. Untuk melakukan itu, Anda juga harus memasukkan beberapa baris perintah ke command prompt. Inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Klik kanan tombol Start Menu dan pilih Command Prompt (Admin)
  • Masukkan baris berikut ke Command Prompt dan tekan Enter setelah masing-masing:
netsh int ip reset


netsh int tcp set heuristics disabled
netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
netsh int tcp set global rss=enabled

Mulai ulang komputer Anda dan lihat apakah Anda dapat terhubung ke WiFi sekarang

# Metode ke 3 (mencari driver dengan driver easy) / Driver Online

Pada kasus ini saya menggunakan Driver easy, sobat dapat mencarinya di google.com apabila sobat mempunyai aplikasi pendeteksi driver online sobat dapat menggunakanya karna prinsip kerjanya juga hampir sama, tapi harus diingat, jika sobat menggunakan cara ini pastikan laptop / komputer harus terhubung dengan jaringan internet, karna pada kasus ini tidak bisa konek menggunakan wifi  solusinya jalan keluar lainya adalah menggunakan modem.
  • Instal lalu Buka software driver easy yang sudah terinstall pada perangkat anda, kemudian lakukan scan driver.
  • Sobatakan melihat beberapa driver yang belum terinstall pada layar
  • Setelah memutuskan driver yang akan diinstal silakan klik tombol update pada driver yang diperlukan. Lalu tunggu beberapa saat sampai download selesai.

Metode ke 4 Dengan mengaktifkan wireless dari menu bios

  • Restart laptop sobat dan Masuk ke BIOS dengan cara menekan Tombol F2 Del Ataupun ESC Sesuai dengan setingan pabrik laptop sobat, pada kasus ini saya menggunakan laptop Lenovo
  • Pilih ke tab "Konfigurasi" atau "Lanjutan", arahkan ke Wireless Lan 
  • Pilih "Aktif" untuk mengaktifkan atau "Nonaktif" untuk mematikan fungsi Wirelessnya.
  • Simpan dan Keluar dari BIOS 




Metode ke 5 Dengan cara mengaktifkan fungsi wifi menggunakan tombol kombinasi FN F1 - F12 Yang terdapat icon wireless

Pada metode ini cukup simple, karna kita hanya perlu mengaktifkan fungsi wifinya dengan kombinasi tombol, namun untuk beberapa merk laptop tertentu ada yang tidak terdapat fungsi ini dan biasanya terdapat tombol tersendiri di samping sisi kanan, kiri, atau bawah laptop  

Metode ke 6 Dengan mengunjungi Forum laptop tersebut atau download driver dari situs resminya

Apabila sudah melakukan beberapa tahap di atas namun belum juga membuahkan hasil, silahkan sobat kunjungi langsung website ataupun forum sesuai dengan seri dan branded laptop yang sobat gunakan untuk mencari solusi yang lebihdetail lagi

Mungkin hanya itu yang bisa saya jabarkan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu, apabila mengalami kesulitan atau kritik dan saran silhkan tulis dikolom komentar. terimakasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments