cara mengatasi a disk read error occurred

cara mengatasi a disk read error occurred press ctrl+alt+del to restart pada windows - Saat saya sedang mencoba menghidupkan komputer tiba - tiba saya kedapatan pesan error ini, saya sempat bingung karena sebelumnya komputer dalam keadaan normal atau baik baik saja. kalau saya perhatikan arti dari pesan error ini adalah terjadi kesalahan pembacaan disk dan menurut referensi yang saya baca baik di forum luar dan dalam negri tidak sedikit juga yang menanyakan tentang kasus ini seperti kenapa dan apa penyebab a disk read error? atau hot wo fix a disk read error occurred press ctrl+alt+del to restart? Dan jawaban dari para user lain atas pertanyaan tersebut adalah kemugkinanya yang dapat menimbulkan pesan error ini, mulai dari kerusakan system atau software sampai ke hardware, dan beberapa kerusakan softwarenya seperti windows yang corrupt atau kesalahan penginstalan dan masih banyak lagi yang lainya. dan beberapa kerusakan hardware salah satunya adalah hardisk yang mulai mengalami penurunan performa atau terdapat bad sector dan dapat terjadi di berbagai macam windows seperti windows xp, 7, 8.1, bahkan 10 jadi error ini dapat di alami semua pengguna windows baik laptop ataupun komputer.



Solusi a disk read error occurred windows

Untuk sobat yang mungkin sekarang juga sedang mengalami kasus ini pada komputer ataupun laptop kesayanganya mungkin dapat mencoba beberapa solusi dibawah ini untuk menangani masalah
A disk error occurred
press ctrl+alt+del to restart

#1. Cek dan lepaskan perangkat yang terhubung di laptop taupun komputer

Terlihat sepele memang tapi cara inilah yang membantu saya menangani masalah waktu itu, pada saat itu di komputer saya masih tersmbung dengan flashdisk, jadi dapat disimpulkan bahwa pada saat komputer dihidupkan dia pertama kali membaca dan mencoba booting melalui flashdisk, sedangkan didalam flashdisk itu tidak terdapat sistem operasinya

#2. Ganti mode Master atau Slave

Mungkin cara ini sangat berguna jika hardisk sobat masih bertipe ATA. caranya lepas harddisk anda dan cek dibelakangnya ada semacam switch atau jumper untuk mengubah mode dari Master ke Slave dan sebaliknya. 

#3. Reset atau ubah pengaturan bios ke mode default

pertama nyalakan komputer atau laptop anda, lalu tekan tombol Del atau F2 / F10/F11/F11 (setiap merk motherboard berbeda). setelah masuk ke menu bios, anda cari pengaturan untuk mengubah setingan menjadi default.


Jika dirasa sulit kalian bisa mengatur ulang bios denga cara melepaskan beberapa menit batrai CMOS yang menempel atau yang biasanya ada pada mainboard laptop ataupun komputer kalian


#4. Repair windows instalation.

Cara ini dengan cara mengbooting komputer anda seperti anda menginstal komputer, dan cara ini anda wajib mempunyai instalasi windows untuk BOOTING menuju ke menuju ke menu DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup Windows, tapi jangan untuk memilih menginstal ulang cukup hanya memilih dan cari Repair Windows installation, cara ini akan mengganti seluruh file sistem Windows dengan yang baru sehingga akan membuatnya normal kembali.

#5. Memindahkan Hardisk ke Unit PC atau laptop lain

ini merupakan salah satu cara yang bisa kalian coba untuk mendeteksi kira-kira apa yang menyebabkan komputer atau laptop kita terkena masalah "a disk read error occurred" ini. caranya cukup simple, kamu cukup pindahkan hardisk kamu ke unit PC atau laptop lain yang berjalan normal, coba lakukan booting dari komputer tersebut.  jika hasilnya hardisk kita berjalan dengan lancar di unit PC lain, itu tandanya ada kerusakan pada komponen hardware seperti VGA, RAM, atau motherboard kita. namun jika sebaliknya hardisk kita tidak dapat berjalan, itu berarti masalah ada pada hardisknya sehingga memerlukan adanya tindak lanjut yang lain lagi seperti membersihkan Bad sector yang ada pada hardisk kita.

Mungkin itu saja beberapa cara mengatasi error ini yang bisa saya paparan dalam artikel kali ini. semoga dapat membantu dan bermanfaat yah
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments