solusi disk boot failure insert system disk and press enter

Cara Mengatasi Disk Boot Failure Insert System Disk And Press Enter - Tidak dapat dipastikan datangnya dan tidak dapat dipungkiri Error pada komputer pasti akan datang kepada siapa saja yang memiliki dan menggunakanya. sama seperti dengan masalah yang baru saja saya alami, sebelumnya komputer dapat hidup dengan normal, tapi berbeda kali ini komputer yang saya gunakan mengeluarkan pesan error disk boot failure insert system disk and press enter saat dihidupkan. Dan mungkin sobat juga sedang mengalami masalah ini dan mencari solusinya, jika iya sobat tidak perlu khawatir, karna disini saya akan coba membagikan sedikit tutorial dan tips untuk menanganinya.

Mengangani error disk boot failure insert system disk and press enter

munculnya tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter pada saat laptop atau komputer booting umumnya merupakan ciri-ciri dari hard disk yang bermasalah namun ada beberapa kemungkinan yang lain dan dapat menimbulkan pesan error disk boot failure, insert system disk and press enter, berikut ini saya akan memberitahukan masalah yang terjadi pada tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter :

#1. Prioritas booting sistem operasi salah

ada kemungkinan urutan booting sistem operasi dari harddisk berubah secara tidak sengaja. Silahkan sobat akses menu BIOS sobat dengan menekan tombol F2 atau Delete atau yang lainnya ( Sesuaikan dengan mainboardnya ) dan cari bagian Boot Options. Perhatikan apakah urutannya sudah benar bahwa harddisk yang berisi Windows adalah yang pertama (Primary) dan bukan Flashdisk, DVD Drive, SSD dan sebagainya.

#2. System Operasi Hilang/Terformat

masalah yang biasa saya dapatkan pada tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter adalah system operasi yang ada di hard disk tersebut hilang atau terformat. mungkin kita/atau teman tidak sengaja memformat partisi yang berisikan system operasi dan untuk mengetahui kalau masalah disk boot failure, insert system disk and press enter adalah system operasi hilang, rusak, atau terformat.  dengan cara masuk ke bios terus lihat status hard disk terdeteksi atau tidak, kalau terdeteksi berarti system operasinya hilang atau terformat dan solusinya install ulang komputer. dibawah ini adalah gambar status hard disk terdeteksi dan tidak terdeteksi :


#3. Kabel Sata/ATA dan Kabel Power Bermasalah

masalah muncul tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter juga terjadi apabilah kabel data Sata atau ATA bermasalah, kabel data sata yang bermasalah biasanya di tandai di bios kalau hard disk tidak terdeteksi di bios. solusinya :
matikan komputer sobat kemudian bongkar CPU dan cari hard disk, lalu cabut kabel SATA/ATA dan kabel power dari hard disk kemudian bersihkan pakai kuas lalu pasang kembali setelah itu coba jalankan komputer sobat.
jika belum teratasi coba pindahkan kabel sata yang di mainboard ke colokkan yang ke dua kemudian nyalakan komputer sobat.


#4. FITUR SMART DI BIOS AKTIF

SMART(Self Monitoring Analisis and Reporting Teknologi) adalah teknologi yang berfungsi mendiagnosa kondisi hardisk, Jadi fitur SMART akan mendiagnosa hardisk saat komputer dinyalakan, Jika hardisk rusak maka fitur SMART akan menghentikan booting melalui hardisk.
Akan tetapi terkadang fitur SMART melakukan proses diagnosa yang terlalu agresif, Jadi bisa saja SMART menonaktifkan hardisk meskipun masih dalam kondisi baik, Coba matikan terlebih dahulu fitur SMART melalui bios, Jika masih error berarti bukan pada fitur SMART yang bermasalah.


#5. KERUSAKAN PADA POWER SUPPLY

Kerusakan pada power supply dapat mengakibatkan komponen-komponen lain bermasalah, kerusakan yang dimaksud ialah turunnya tegangan pada power supply sehingga mengakibatkan arus listrik ke hardisk menjadi berkurang, Hal ini menyebabkan hardisk tidak dapat bekerja, 
Semoga dengan info yang saya bagikan ini dapat membantu menangani masalah yang sedang sobat alami seperti kasus saya kemarin. Terimakasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments