4 Cara Mengatasi The Request Failed Due To A Fatal Device Hardware Error

Pesan kesalahan the request failed due to a fatal device hardware error ini menunjukan bahwa sistem operasi yang kita gunakan tidak dapat mengakses hard drive / SSD atau tidak dapat melakukan operasi baca dan tulis di dalamnya. 

Namun tahukah sobat bahwa pada umumnya ternyata ada beberapa faktor yang paling mendasar yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan error ini namun tidak pernah terfikirkan sama sekali. beberapa Faktor tersebut diantaranya adalah.


  1. Koneksi kabel USB longgar, atau rusak.
  2. Terlalu banyak bad sector di disk
  3. Kesalahan sistem atau perangkat keras.

Untuk memperbaikinya silahkan cobalah untuk memulai dari langkah yang paling dasar, yaitu dengan mengganti USB dengan yang lain. Apabila masih belum teratasi silahkan simak ulasan berikut ini guna menangani dan memperbaiki permasalahan The Request Failed Due To A Fatal Device Hardware Error


4 Cara Mengatasi The Request Failed Due To A Fatal Device Hardware Error


Berikut adalah beberapa langkah yang dapat sobat coba guna memperbaiki permasalahan The Request Failed Due To A Fatal Device Hardware Error ini. silahkan simak dan ikuti setiap langkahnya agar bisa dengan cepat memperbaiki masalah ini

1. Periksa status SMART


SMART adalah singkatan dari Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology. yang merupakan salah satu fitur bawaan Windows yang dapat membantu memeriksa status kesehatan hard drive. Untuk menjalankan perintah ini silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini

  • Ketik "command prompt" di kotak pencarian> klik kanan Command Prompt dan pilih Run as administrator .
  • Pada prompt perintah yang ditinggikan, ketik wmic diskdrive get status dan tekan Enter.


Biasanya jika kita menjalankan perintah diatas maka kita akan mendapati pesan, "OK", "Bad", "Unknown", dan "Caution" pesan ini berdasarkan dari macam - macam jenis dari kerusakan hardisk masing - masing

Jika status hardisk dalam pengecekan tersebut menampilkan keadaan oke maka cobalah untuk mencabut dengan cara mengeject dan memasukan kembali harddisk lalu buka kembali partisi yang error tadi

2. Jalankan Error Check


Fungsi dari menjalankan perintah ini adalah untuk membantu memeriksa dan memperbaiki sektor buruk dan kesalahan sistem file. Selain itu dapat membantu meningkatkan kinerja komputer. Untuk caranya silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Klik kanan hard drive yang rusak dan pilih Properties .
  • Klik tab Tools dan klik Check dseperti tampak pada gambar dibawah ini.


Setelah proses selesai biasanya kita diminta untuk melakukan Restart pada perangkak kita baik itu laptop ataupun komputer, silahkan Restart dan lihat hasilnya.

3. Jalankan Utilitas Diskpart


Cara lainya lagi adalah dengan menjalankan fungis Diskpart, dengan memanfaatkan system ini kita jadi dapat memeriksa dan memperbaiki masalah hard drive "The Request Failed Due To A Fatal Device Hardware Error". Untuk caranya adalah sebagai berikut.

  • Ketik "command prompt" di kotak pencarian> klik kanan Command Prompt dan pilih Run as administrator .
  • Masukkan chkdsk F: / f / r (F adalah huruf drive dari drive yang tidak dapat diakses).


4. format ulang disk dan inisialisasi


Solusi terakhir yang mungkin bisa sobat coba untuk mengatasi The Request Failed Due To A Fatal Device Hardware Error ini adalah dengan cara memformat hardisk yang bermasalah tersebut.

Perlu diketahui, Cara ini dapat menghilangkan semua data yang ada dalam hardisk tersebut. harap difikirkan matang - matang sebelum mengikuti langkah ini. Jika sudah siap dengan segala resiko kehilangan data silahkan lanjutkan langkah selanjutnya

  • Klik kanan pada My Computer dan Klik Manage.
  • Pilih Disk Management klik kanan pada hard disk yang bermaalah lalu pilih "Format".


  • Lakukan format cepat dengan memilih sistem file yang tepat, seperti NTFS, FAT32. Klik "OK".
  • Selanjutnya silahkan sesuaikan format hardisk yang sobat gunakan MBR atau GPT untuk disk yang dipilih.


Itulah 4 Cara Mengatasi The Request Failed Due To A Fatal Device Hardware Error yang bisa sobat coba untuk menangani permasalaan pada hardisk baik Internal maupun External. 

Jika ada pertanyaan kritik pesan dan saran silahkan sampaikan pada kolom komentar yang sudah admin siapkan dibawah ini. Trimakasih dan semoga bermanfaat.

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments