Cara Membuat Dan Menggunakan Google Classroom Lengkap

Google classroom adalah platform yang berguna untuk berinteraksi antara pengajar/pendidik dengan murid/mahasiswa yang saat ini banyak digunakan, Google Classroom ini termasuk salah satu platform yang dijadikan pilihan oleh tenaga pendidik. aktivitas belajar dan mengajar yang biasanya dikerjakan dengan tatap muka langsung di kelas beralih ke daring. Selain itu Google Classroom sangat cocok dijadikan opsi untuk belajar online karena selain dari segi keamanan platform ini juga dapat digunakan secara gratis.


Fungsi dan Fitur Google Classroom


Google Classroom dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif karna dirancang bersama dengan para pengajar agar dapat membantu mereka dalam menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur dan meningkatkan komunikasi dengan siswa.

Google Classroom ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan pengajar maupun siswa dalam menggunakannya. Siswa dapat bergabung dengan kelas menggunakan kode dan juga dapat mengundang asisten pengajar ke dalam kelas.

materi dan tugas juga dapat dikelola dengan baik dengan dukungan dari Google Drive sebagai media untuk penyimpanan folder. Tidak hanya itu, materi dan tugas, seperti video YouTube, survei Google Formulir, PDF, dan item lainnya juga dapat ditambahkan melalui Google Drive.

Siswa juga dapat mengakses materi, seperti sheet pendaftaran, silabus kelas, atau teks online, serta dapat juga melihat tugas mendatang melalui Google Kalender. Kemudian pengajar juga akan lebih mudah dalam melihat siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, termasuk memberikan nilai dan masukan real-time.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat belajar secara daring (online) dengan Google Classroom:
  1. Berbagi materi pelajaran/silabus
  2. Memberikan/mengirimkan tugas
  3. Mengadakan ujian/kuis
  4. Tanya jawab secara interaktif
  5. Melihat tugas mendatang lewat Google Calendar

Cara Membuat Kelas Dengan Google Classroom


Berikut merupakan tutorial singkat yang bisa sobat ikuti untuk membuat kelas pada Google Classroom
  • Buka classroom.google.com.
  • Di halaman Kelas, klik Tambahkan  and then Buat kelas
  • Masukan nama kelas

  • (Opsional) Untuk memasukkan deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas, klik Bagian dan masukkan detailnya.
  • (Opsional) Untuk menambahkan mata pelajaran, klik Mata Pelajaran, lalu masukkan nama atau klik salah satu nama dari daftar yang muncul ketika memasukkan teks.
  • (Opsional) Untuk memasukkan lokasi kelas, klik Ruangan dan masukkan detailnya.
  • Klik Buat.

Classroom akan membuat kode kelas secara otomatis. kode tersebut berfungsi untuk mengundang siswa ke dalam kelas yang sudah kita buat tadi. Selain itu kita juga dapat melihat kode kelas setiap saat di halaman Forum.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Google Class pada postingan kali ini, apabila ada pertanyaan kritik dan saran silahkan sampailkan pada kolom komentar dibawah ini yang sudah admin siapkan. Trimakasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments