Layar Monitor LCD Pada Komputer Dan Laptop Suka Berkedip? Ini solusinya!

Tampilan Pada Layar Monitor LCD Komputer Dan Laptop Berkedip? Ini Cara Mengatasinya! - Pernah nggak ngalamin kejadian dimana komputer atau laptop yang sedang kita gunakan tiba - tiba berkedip seperti lampu disco hehee. kejadian aneh ini baru saja saya alami kemarin, dan uniknya saat komputer tersebut dalam keadaan standbye (tidak sedang di operasikan dan atau hanya sekedar di hidupkan saja) malah tidak terjadi apa - apa (layar monitor normal tidak kedap - kedip). alhasil kita yang kedapatan kasus ini pun jadi bingung dibuatnya. tapi tenang disini saya akan mencoba memberikan solusinya untuk menangani kasus ini.

Penyebab Layar laptop atau komputer Berkedip saat digunakan serta cara mengatasinya


Perlu diketahui kejadian ini pada umumnya hanya muncul saat komputer tersebut melakukan operasi mulai dari menggerakan mouse, klik kanan, klik kiri, klik start menu, my computer yah pokoknya semuanya. tapi tidak sedikit juga yang mengalami kasus ini baik saat komputer ataupun laptop dalam keadaan digunakan, pada awal mula dinyalakan ataupun sekedar dihidupkan saja. apabila sobat sedang mengalami kasus ini dan kebingungan karna tidak terdapat keterangan kode error serta sedang mencari penyebab dan solusinya silahkan simak dan coba lakukan beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi permasalahan ini

Baca Juga Cara Memperbaiki Masalah Blank Pada Monitor Karena Resolusi Tidak Mendukung

1. Refresh rate yang terlalu tinggi atau terlalu rendah



Penyebab utama bisa diakibatkan karena Refresh rate yang kurang tepat kurang tepatnya pengaturan nya. Baik itu pengaturannya terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dapat menyebabkan layar monitor tidak stabil dan menyebabkan layar monitor berkedip-kedip. Setiap layar monitor mempunyai refresh rate yang berbeda-beda, dan hal itu dipengaruhi dari spesifikasi monitor yang kamu gunakan.

Solusinya


Untuk menangani permasalahan ini kita diharusan untuk mengatur refresh rate dengan cara masuk ke

  1. Untuk mengatur refresh rate pada Windows  7, masuk ke control panel -> appearance and personalization -> display -> screen resolution -> Advanced setting. Setelah itu akan muncul jendela baru, Kemudian kamu pilih tab monitor, pada monitor settings kalian bisa atur screen refresh ratenya. Pada umumnya secara default preset yang digunakan pada komputer adalah 60 Hz.
  2. Untuk mengatur refresh rate pada Windows 10, kamu bisa masuk dengan cara Klik Kanan pada desktop - > display setting -> display adapter properties. Untuk caranya sama dengan di atas.

2. Resolusi layar terlalu tinggi


Penyebab yang ke 2 bisa diakibatkan juga karena resolusi layar yang terlalu tinggi. Misalnya contohnya kamu mengganti monitor komputer atau install komputer kamu dengan sistem operasi yang baru. Biasanya resolusi untuk monitor akan berubah atau harus kita rubah secara manual. Dan jika resolusi monitor yang kurang tepat, akan menyebabkan beberapa masalah pada monitor seperti tampilan pada monitor yang terlalu besar, pecah-pecah, Sampai layar monitor berkedip-kedip.

Solusinya



  1. Untuk mengatur resolusi layar pada Windows 7 pertama-tama kamu masuk ke control panel -> appearance and personalization -> display -> screen resolution. Dan disana Kamu dapat mengatur resolusi untuk layar monitor kamu yang sesuai.
  2. Untuk mengatur resolusi layar pada Windows 10 sangat mudah dan simple, Klik Kanan pada desktop -> display settings -> Di sana akan ada resolution. Biasanya akan bertuliskan Recommended untuk resolusi yang sesuai.

3. Pasokan daya listrik yang tidak stabil



Konsumsi daya listrik yang tidak stabil juga dapat menyebabkan layar monitor pada komputer tidak stabil. Karena jika daya listrik tidak dapat memenuhi kebutuhan listrik yang dibutuhkan monitor.

Solusinya


Untuk mengatasinya saya sarankan untuk menggunakan stabilizer atau bisa juga menggunakan UPS, agar asupan daya listrik yang dibutuhkan monitor menjadi stabil. Karena jika hal ini terus dibiarkan lambat laun akan menyebabkan kerusakan komponen di dalam CPU.

4. Fan processor bermasalah



Penyebab berikutnya adanya masalah pada fan processor. Jika kecepatan putar dari fab processor berkurang yang diakibatkan karena Debu ataupun hal lainnya akan menyebabkan prosesor menjadi cepat panas. Yang tentunya hal ini juga akan mempengaruhi sistem yang ada pada komputer. Termasuk juga pada tampilan yang ditampilkan pada sebuah layar monitor.

Solusinya



  1. pastikan juga kipas atau fan processor berputar dengan baik. 
  2. Lakukan pembersihan pada kipas atau fan minimal 2 minggu atau 1 bulan 1 kali, agar kipas terawat dan berjalan dengan normal.

5. Kabel VGA bermasalah



Seperti yang kita ketahui bahwasanya fungsi dari kabel VGA (Video Graphics Array ), HDMI dan DVI pada komputer adalah sebagai konektor yang membawa sinyal video analog hasil pengolahan data komputer ke monitor sehingga dapat kita lihat. jadi tentu saja ini juga sangat berpengaruh besar terhadap kualitas yang di tampilkan. maka dari itu tidak ada salahnya apabila sobat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada kabel vga yang menancap pada perngkat sobat

6. Driver VGA tidak sesuai



Seperti pada tugas dan fungsinya dari driver komputer adalah untuk mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain dengan baik. dan Dari beberapa kasus yang pernah saya alami pada permasalahan ini ternyata bisa juga di akibatkan oleh adanya driver VGA yang terpasang tidak sesuai dengan hardwarenya, sehingga vga tidak dapat bekerja dengan maksimal karna kesalahan dari pada software yang terinstal

Solusinya


Sobat dapat menguninstal bagian driver VGA yang terinstal pada perangkat sobat, dn mencoba menginstalnya kembali sesuai dengan hardware yang terpasang pada perangkat

7. VGA driver yang perlu di update


Setiap komponen yang ada pada komputer ataupun CPU, masing-masing mempunyai driver untuk menstabilkan performanya pada sebuah komputer. Maka dari itu kamu pastikan juga VGA driver yang ada pada komputer kamu terus update. Dan juga Jika kamu menggunakan Windows sebagai sistem operasi driver yang kamu gunakan pun akan berbeda. Biasanya kasus ini terjadi pada Windows 7 ataupun Windows 8, kalau pada Windows 10 menurut pengalaman saya hal ini jarang sekali terjadi.

Solusinya


Untuk mengetahui driver yang perlu di update kamu hanya perlu masuk ke device manager, dengan cara ketikan device manager pada pencarian menu start. Setelah masuk ke device manager coba kamu lihat apakah driver pada bagian monitor perlu diupdate, jika Iya segeralah update driver tersebut.

8. VGA bermasalah



Penyebab terakhir adanya masalah pada VGA. VGA merupakan komponen yang sangat penting untuk menampilkan sebuah tampilan pada monitor. Pada komputer desktop ada dua jenis yaitu VGA onboard dan juga VGA Add-on. Tetapi kasusnya pada laptop sangat sulit sekali untuk mengetahui permalahan tersebut apakah VGA kita yang rusak atau yang lainnya.

9. Membawa ke Service Center



Apabila dari beberapa cara di atas tidak juga dapat menangani permasalahan sobat yah mau tidak mau sobat harus membawanya ke service center atau toko service terdekat agar mendapat penanganan yang lebih baik lagi dari IT yang tentunya lebih berpengalaman dalam bidang ini

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat yang mrmbutuhkan. jika ada komentar berupa kritik pesan dan saran, sobat dapat menyampaikanya lewat kolom komentar dibawah ini guna memnyempurnakan artikel ini agar lebih baik lagi. terimakasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments