Flashdisk kamu error write protected dan tidak bisa di format? ini solusinya

Flashdisk kamu error write protected dan tidak bisa di format? ini solusinya - Dalam keadaan genting saat hendak menggunakan flashdisk untuk mengcopy paste atau memindahkan data namun sayangnya flashdisk tersebut tidak dapat digunakan. karna rasa penasaran saya mencoba untuk memformatnya, alhasil malah mengeluarkan pesan error yaitu "Flashdisk write protected" setelah melakukan berbagai cara Akhirnya sayapun berhasil menangani masalah ini dan dapat menggunakan kembali flashdisk tersebut

Solusi memperbaiki masalah flashdisk yang write protected


Beberapa cara yang pernah saya coba dan berkerja pada flashdisk saya baik itu flashdisk Kingstone ataupun toshiba dapat sobat lihat dibawah ini, apabila sobat menggunakan flashdisk yang berbeda semisal hp, sandisk, dll mungkin cara ini juga dapat bekerja jadi silahkan saja coba sendiri dengan mengikuti tutorial dibawah ini

Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan CMD


Cara ini bisa dikatakan paling umum dan banyak sekali digunakan karna tergolong tidak terlalu rumit dan tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ke 3 atau software tambahan. caranya adalah
  • Buka Command Prompt as administrator (wajib) dengan cara klik kanan Command Prompt lalu klik Run As Administrator.
  • Langkah 2: Pastikan flashdisk Anda sudah tertancap ke komputer, dan masukan perintah berikut.

Diskpart
List Disk


  • Ketika daftar disk muncul, catat nomor disk flashdisk Anda. Cara mengidentifikasinya, lihat pada bagian size, cocokan dengan kapasitas flashdisk Anda. Masukkan perintah berikut:

Select Disk X

  • Pada perintah diatas, ganti X dengan nomor flashdisk yang ada pada langkah sebelumnya, Contoh: “Select Disk 1” (tanpa petik). Lalu masukkan perintah berikut:

Attributes Disk Clear Readonly

  • Tutup jendela Command Prompt dan cabut USB flashdisk Anda. Tunggu sekitar 5 detik, lalu masukkan kembali flashdisk Anda. Kini seharusnya flashdisk Anda sudah dapat digunakan untuk menulis kembali.

Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Registry Editor



Jika dengan menggunakan cara diata belum berhasil, sobat dapat mengatasi flashdisk write protected dengan Registry Editor (Regedit). berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka Registry Editor. Untuk membuka Registry Editor tekan tombol logo Windows + R pada keyboard Anda secara bersamaan, dan ketik “regedit” (tanpa tanda petik). Klik “Yes” jika ada nofikasi UAC (User Account Control) yang keluar.


  • Setelah Registry Editor terbuka, cari key berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control


  • Pada panel sebelah kiri, pada bagian Storage Key, cek apakah terdapat StorageDevicePolicies. Jika tidak, buat key tersebut dengan cara klik kanan pada Storage Key (lihat gambar) => Klik New => Klik Key. Ketikan StorageDevicePolicies sebagai nama key tersebut.


  • Pada bagian kanan, klik kanan pada area yang kosong (lihat gambar) => Klik New => Klik DWORD (32-bit). Rename key tersebut menjadi WriteProtect dan ubah nilai default-nya menjadi 0 dengan cara klik ganda pada key tersebut dan masukan angka 0 pada bagian value.



Masukkan kembali USB flashdisk Anda. Dan selamat! USB flashdisk Anda seharusnya sekarang sudah dapat digunakan untuk menyimpan kembali.

Menggunakan Aplikasi Low Level Format


Disclaimer: Saat menggunakan aplikasi ini kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang bisa saja terjadi. Do with your own risk. Kami hanya membagikan caranya yang tentunya aman saat kami gunakan.

  1. Masukan flashdisk yang bermasalah tadi ke laptop.
  2. Download aplikasinya disini ukuran 1.95 Mb versi portabel.
  3. Jalankan aplikasi yang sudah di download tadi pilih Continue for free seperti.

Pilih Flasdisk yang akan di format dengan hati-hati, jika sudah yakin benar maka klik continue>> NB: Perhatikan ukuran disknya jangan sampai salah memformat Hardisk anda.


Selanjutnya akan muncul peringatan seperti gambar dibawah ini.


Saat terbuka anda berada di tab Device Detail maka klik tab berikutnya yaitu LOW-LEVEL FORMAT kemudian klik Format This Device. Maka proses low level format akan dijalankan, dan format jenis low level ini memakan waktu sedikFlashdisk kamu error write protected dan tidak bisa di format? ini solusinyait lebih lama dari format jenis biasa. Setelah selesai flashdisk anda akan benar-benar bersih dari semua data seperti baru lagi.

Menggunakan iFlash, USB View dan  ChipGenius


Cara ini tergolong sangat ampuh sob, karna dengan bantuan software ini kita dapat merepair flash disk rusak dengan cara memprogram ulang / reflashing chip controller flashdisk. Cara ini bisa mengobati hampir sdmua masalah flashdisk, seperti gak bisa diformat, propertisnya zero, write protected, memulihkan flashdisk palsu, dll. Ada beberapa tahapan dalam memprogram ulang flash disk :

  1. Mencari tahu identitas VID dan PID flash disk.
  2. Mencari tool untuk flash disk berdasarkan VID PID tadi.
  3. Memprogram ulang flash disk dengan tool tadi.

VID merupakan informasi tentang vendor pembuat flash disk, sedangkan PID adalah informasi tentang chip controller yang digunakan flash disk tersebut. Value PID ini yang akan menentukan software / tool yang tepat untuk digunakan di flash disk kita.
Nah terus bagaimana cara tahu VID / PID flashdisk kita ?
Ada banyak cara sebenarnya yang dapat kita lakukan untuk mengetahui VID Dan PID dari flashdisk kita. contohnya yaitu dengan bantuan software USB View  dan Chip Genius dan Brikut tampilanya

  • USB View


  • ChipGenius



Namun Disini saya menggunakan software ChipGenius. Setelah kita pengetahui VID Dan PID Flashdisk kita kemudian kunjungi http://www.flashboot.ru/index.php?name=Files. Perlu diketahui situs ini berbahasa rusia jadi agar tidak salah saya sangat menyarankan untuk mentranslatenya, kecuali jika kalian mengerti bahasa Rusia . Setelah itu cari di situs tersebut Chip Vendor & Chip Part-Number yang sesuai dengan flashdisk kalian. Misal, pada contoh :
Chip Vendor : Solid State System
Chip Part-Number: SSS6690/SK6211



Jika sudah ketemu langsung saja download software tersebut, kalau bingung cara downloadnya silahkan klik tombol seperti pada gambar di atas kurang lebih seperti itu. Setelah itu barulah kita memulai untuk Memprogram ulang flashdisk yang rusak tersebut. Untuk tampilan dan cara kerja software chip controller berbeda satu dengan yang lain, berikut hanya contoh untuk model SSS6690 saja, terkadang untuk menggunakan software ini kita harus menginstall dulu driver pabrikannya (disertakan dalam software) yang perlu diperhatikan pertama adalah memastikan bahwa flahdisk terdeteksi oleh software.


Setelah itu masuk ke setup dan gunakan / pilih setingan defaultnya (kalau tidak terdapat pilihan default, dan kalian tidak tahu cara setting bagian ini, sangat disarankan untuk stop dulu, jangan lanjutkan karena bisa berdampak buruk pada flashdisk).


Setelah itu klik start dan silahkan tunggu sampai selesai prosesnya, dan selamat flashdiskpun dapat kembali bekerja dan tampak seperti baru hehee

Menggunakan bantuan Software Format Flashdisk Write Protected


Cara jitu lainya jika dengan cara diatas tidak berhasil adalah dengan menggunakan software format flashdisk. Berikut adalah beberapa software format flashdisk write protected yang terbilang ampuh untuk memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat atau write protected. sobat dapat mendownload dan mencobanya satu per satu sesuaikan dengan brand flashdisk yang sobat miliki:

  1. Fat32 Format Tool GUI
  2. mUsbFixer
  3. Apacer USB3.0 Repair Tool
  4. USB Flash Driver Format Tool
  5. Kingston Format Utility

Dalam banyak kasus, menggunakan Fat32 Format Tool GUI saja sudah bisa melakukan format write protected flashdisk. Tetapi jika tidak berhasil kamu bisa mencoba tool lain diatas.

Oke itulah beberapa cara untuk mengatasi flashdisk yang error di karnakan write protected, semoga beberapa cara diatas dapat membantu sobat menangani permasalahanya. apabila ada komentar, kritik pesan dan saran silahkan sobat sampaikan melalui kolom komentar yang sudah saya siapakan di bawah ini. Trimakasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments