Cara Memperbaiki Keyboard Error Huruf Tertukar Menjadi Angka

cara menormalkan fungsi keyboard - Apa yang dimaksud dengan keyboard? Keyboard adalah alat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki berbagi macam tombol yang terdiri dari Huruf angka dan karakter dan semuanya memiliki fungsi masing - masing.

Apa fungsi dari keyboard?

Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketiknya yaitu keyboard dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan contohnya mengetik atau input data dokumen. 
Sedangkan berdasarkan tombol kontrolnya yaitu keyboard dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol ctrl digabungkan dengan E maka dapat membuka jendela explorer.Fungsi keyboard berdasarkan tombol. jadi terbayangkan jika keyboard pada PC (Komputer) atau laptop sobat error dan berubah fungsi atau mungkin malah tidak bisa lagi di gunakan? wah tentu sangat merepotkan yah. hehee

Mengatasi Tombol Huruf Menjadi Angka Pada Keyboard

sesuai dengan tema artikel kali ini saya akan mencoba membagikan kasus yang pernah saya alami  yaitu error pada keyboard, Perlu di ketahui error pada keyboard ini bermacam - macam bentuknya, ada yang salah satu tombolnya atau mungkin hampir seluruh tombolnya dan bisa juga seluruh tombolnya tidak berfungsi, ada juga keyboard tidak bisa mengetik angka, tombol angka berubah jadi simbol, double hurufmengetik sendiri, tidak sesuai dengan yang diketik dan lain sebagainya. 

disini kasus yang saya alami dan akan saya share cara mengtasinya yaitu tombol keyboard tidak sesuai dengan yang ditekan seperti huruf M, J, K , L, U, I, Oyang berubah fungsi menjadi angka 1, 2, 3, 4, 5, 6. Nah mungkin sekarang sobat juga mengalaminya sehingga mencari referensi tentang cara mengatasinya? jika iya sobat tidak perlu cemas silahkan simak dan ikuti tutorial yang akan saya bagikan kali ini

Tips mengatasi tombol huruf keyboard laptop error atau tertukar saat ketik huruf malah berubah menjadi angka ini hanya berlaku jika keyboard laptop kamu masih normal atau tidak rusak hardwarenya, dan berikut caranya.
  • Tekan tombol Fn + F11 secara bersamaan, kemudian tes lagi apakah sudah normal atau belum.
  • Jika cara pertama belum berhasil, cari dulu tombol Numlock di laptop kamu, biasanya ada tulisan NumLk lalu tekan bersamaan dengan Fn.
  • Jika belum berhasil juga coba tekan Fn + F11 + Shift bersamaan & tahan beberapa detik lalu lepaskan.
Bagai mana sob, tidak terlalu rumit kan? Oh  iya
Penting, cara diatas hanya berlaku untuk laptop dengan keyboard masih normal bukan karena kerusakan hardware, jadi jika kamu sudah coba langkah diatas tetapi belum normal juga sebaiknya cek terlebih dahulu apakah hardware keyboard laptop mu rusak atau tidak dengan membawa ke tukang servis laptop.
semoga dari beberapa cara diatas dapat bermanfaat terutama bagi penulis dan sobat semua serta dapat membantu menangani masalah bagi sobat yang mungkin sedang mengalami hal yang serupa seperti apa yang pernah saya alami. terimakasih
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments