Sponsor

Navigation


Mengatasi Error 0162: Setup Data Integrity Check Failure

Solusi Error 0162: Setup Data Integrity Check Failure - Sudah lama sekali rasanya tidak menggunakan komputer karna saya selama ini hanya menggunakan laptop, pada saat laptop sedang di pakai adik saya untuk keperluan kuliahnya mau tidak mau saya harus menggunakan komputer. disinilah awalmulanya permasalahan itu muncul. pada saat saya menghidupkan komputer, tidak seperti biasanya komputer tersebut tidak langsung masuk kemenu windows dia hanya stuck pada tampilan sama seperti pada gambar di atas dan memberi pesan error 0162: setup data integrity check failure. sebenarnya masalah ini tidak terlalu mempersulit sih, hanya saja saya sedikit risih karna setiap kali menggunakan komputer pasti ditampilkan masalah seperti ini, sebenarnya dengan kita menekan tombol f2 komputerpun langsung masuk windows tapi bagi saya ini sangat mengganggu karna setiap kali menghidupkan komputer harus menekan tombol f2.

Fix Error 0162: Setup Data Integrity Check Failure

Tanpa berfikir panjang sayapun langsung mencoba menekan tombol f1 untuk menuju bios dengan harapan dapat Memperbaiki Pesan Error 0162: Setup Data Integrity Check Failure
setelah sampai pada menu bios saya langsung mengatur default bios dengan menekan tombol f9 dan mensave configuration tersebut dengan menekan f10. sampai disini komputer sayapun langsung dapat normal seperti sedia kala.

Solusi yang kedua

Jika didapat komputer sobat mengalami hal yang sama seperti yang saya alami ini dan sudah mencoba cara diatas namun masalah tersebut masih muncul sobat bisa langsung mencoba langkah yang kedua yaitu dengan mengatur ulang bios dengan cara mencabut Batrai CMOS yang terdapat pada Mather Board / Main Board Atau dengan cara Menjumper pin,. biasanya terdapat 3 pin didekat batrai cmos dengan keterangan CLR Cmos 
Caranya  adalah:

  • Pastikan PC (Komputer) sobat sudah tidak terhubung ke jaringan listrik.
  • Buka casing PC sobat.
  • Setelah casing PC di buka lihat pada mother board sobat Soket Jumper dengan tulisan CLR CMOS (biasanya jumper setting tersebut dekat baterai CMOS)
  • Pin 1 dan pin 2 bila di jumper berarti posisi Normal. cabut jumper dan pindahkan untuk menjumper antara pin 2 dan pin 3.
  • Setelah sobat jumper pin 2 dan pin 3, hidupkan PC, dan biarkan selama setengah menit – satu menit, kemuidian matikan kembali.
  • Setelah PC mati, kembalikan lagi posisi Jumper Setting keposisi jumper pin 1 dan 2.
  • Hidupkan PC, maka PC akan meminta sobat untuk mensetting Bios, tekan F1 atau Del (Tergantung perintah dari jenis Motherboardnya).
  • Pilih setting Bios ke Optimise Default system Bios. kemudian tekan F10 untuk menyimpan ke memory Bios serta keluar.
  • PC akan Restart kembal dan Bekerja secara normal.
  • Bila PC telah bekerja dengan normal, Shutdown kembali PC, dan tutup casing PC.
Selamat komputerpun normal kembali. mungkin itu saja yang bisa saya share ke sobat semua, semoga artikel ini dapat bermanfaat terutama bagi penulis sendiri dan sobat yang membutuhkan. terimakasih
Share

Muhammad Fikriansyah

Post A Comment:

0 comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya,
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan ^_^
[ - ] Dilarang berkomentar menggunakan Live Link !!!
[ - ] Dilarang promosi disini !
[ - ] Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten !!!
[ - ] Dilarang menulis kata - kata kotor,sara,dan hal - hal yang berbau p*rn*
[ - ] Dilarang Bertanya jika tidak sesuai dengan postingan

===== SEKIAN DARI ADMIN TERIMA KASIH ^_^ =====