Sponsor

Navigation

Cara Merawat Hardisk Internal Atau Eksternal

Tips Merawat Hardisk - Hardisk merupakan salah satu hardware atau komponen yang terdapat pada laptop ataupun komputer dan merupakan salah satu hardware yang sangat penting karna hardisk mempunyai kegunaan untuk menyimpan Sistem Operasi, data, file Dll.. untuk itu sangatlah penting bagi kita untuk menjaga agar senantiasa dapat selalu terkondisi sehat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang..

Menjaga Hardisk Agar Tidak Bad Sector

Hardisk sangat rentan sekali untuk mengalami Bad sector, untuk itu penting bagi kita untuk menjaganya agar tidak gampang mengalami masalah Bad Sector. Biasanya hardisk yang mengalami bad sector ini disebabkan oleh adanya Virus, Software yang tidak kompatible ataupun hardwarenya lemah. nah disini saya akan membagikan tips sedikit untuk mencegah hardisk rusak, kalian bisa mengikuti dan melakukan langkah - langkah seperti dibawah ini

1. Jangan Matikan Laptop Tanpa Shutdown

Saat kamu hendak mematikan komputer atau laptop dengan cara memilih shutdown, laptop akan menyimpan semua proses yang kamu jalankan ke dalam hard disk. tapi sebaliknya Jika kamu tiba-tiba saja menghentikan kinerja hard disk tanpa shutdown, hard disk jadi kaget dan akan memberikan kerusakan pada silinder hard disk.

jadi sangatlah penting untuk mematikan laptop ataupun komputer dengan cara yang aman demi menghindari kerusakan pada hardisk yang dapat menyebabkan hilangnya data - data penting sobat yang berada didalamnya

2. Rutin Defrag Hard Disk

Proses penggunaan aplikasi, browsing, membuat dan membuka dokumen kadang membuat beberapa file jadi terpecah/defrag ke hard disk. Untuk solusinya, kamu bisa melakukan defrag hard disk.

Defrag hard disk penting dilakukan agar performa hard disk laptopmu tetap kencang. Agar semakin optimal dan tidak merusak hard disk kamu, baca artikel Cara Defrag Hard Disk yang Baik dan Benar.

3. Partisi Hard Disk

Saat kali pertama menginstal sistem operasi pada laptop, kamu selalu diminta membuat partisi. Partisi ini sangatlah penting untuk mencegah hard disk laptop kamu rusak.
Dengan adanya partisi di hard disk, maka kamu akan lebih bijak menggunakannya saat menginstal aplikasi atau menyimpan data. Jangan biarkan hard disk penuh, karena risiko penurunan performa akan semakin cepat saat hard disk penuh.

4. Hindari Benturan dan Guncangan

Setelah bicara dari segi teknis, untuk melindungi hard disk laptop agar tidak cepat rusak adalah dengan menjaganya agar tidak terbentur. Guncangan dan benturan akan membuat komponen laptop jadi terganggu, termasuk hard disk. Untuk itu, selalu simpan laptop di tempat yang aman dari goncangan kencang.

5. Hindari Pake Laptop di Atas Kasur

Selama digunakan, prosesor dan VGA laptop kamu jadi panas. Panas permukaan laptop akan tersimpan dan tidak mengalir kalau kamu menggunakannya di permukaan kasur. Dampaknya, komponen di dalam laptop kamu akan overheat.
Suhu panas yang berlebih akan memicu komponen dalam laptop jadi cepat rusak, termasuk hard disk. Maka dari itu, baiknya gunakan laptop di permukaan datar seperti meja, atau gunakan USB cooling pad untuk membuang panas yang dihasilkan.

6. Pasang Antivirus

Bukan hanya karena masalah pengoperasian saja, hard disk juga bisa rusak karena serangan virus. Untuk mencegah serangan virus ini, coba instal antivirus komputer terbaik di laptopmu.

7. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang

Jangan bermain-main dengan install ulang. Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan hardisk karena hardisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.

8. Gunakan Stabilizer atau Stavolt

Komputer yang terlalu sering mati mendadak karena putusnya listrik atau turunnya tegangan hanya akan memperpendek umur hardisk. Jika hardisk yang sedang melakukan proses menulis dan membaca data dipaksa untuk berhenti karena mati mendadak, maka piringan dalam hardisk bisa menjadi rusak. Tidak hanya itu, data-data kamu yang ada didalamnya juga bakal ikut terancam.

9. Hapus Data yang Tidak Perlu

Sebaiknya kamu secara rutin menghapus data yang tidak perlu dan menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Hal ini penting untuk mengurangi penggunaan space di hardisk sehingga hardisk tidak bekerja terlalu keras.
Itulah 7 cara merawat hardisk internal maupun eksternal. Langkah-langkah diatas penting dilakukan jika kamu tidak ingin kehilangan data penting atau mengeluarkan biaya besar untuk mengganti hardisk yang rusak.
Mungkin hanya itu tips dari saya untuk Menjaga Hardisk Agar tidak Bad Sector atau rusak, semoga dapat menambah wawasan dan berguna bagi kita semua
Share

Muhammad Fikriansyah

Post A Comment:

0 comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya,
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan ^_^
[ - ] Dilarang berkomentar menggunakan Live Link !!!
[ - ] Dilarang promosi disini !
[ - ] Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten !!!
[ - ] Dilarang menulis kata - kata kotor,sara,dan hal - hal yang berbau p*rn*
[ - ] Dilarang Bertanya jika tidak sesuai dengan postingan

===== SEKIAN DARI ADMIN TERIMA KASIH ^_^ =====