Mengubah Http menjadi Https Pada Blog

Mengubah Http menjadi Https Pada Blog - Sebenarnya, fitur ini sudah mulai disosialisasikan sekitar bulan september tahun 2015 lalu, namun, untuk penggunaan secara menyeluruh baru bisa dilakukan di bulan mei 2016 ini dan tidak sedikit juga para Blogger yang mengalami kesulitan dalam mengganti Http menjadi Https Pada Bloggernya.
Fitur https ini disediakan dan bisa digunakan hanya pada blog yang masih menggunakan akhiran blogspot.com pada nama blognya, sedangkan untuk blog yang sudah menggunakan custom domain seperti .com, .net, .id, dll (tanpa akhiran [dot]blogspot[dot]com), maka fitur https ini tidak bisa digunakan, kecuali blog / situs tersebut mau menggunakan sertifikat SSL yang disediakan oleh pihak ketiga.
Contoh Blog dengan akhiran blogspot.com -  http://hot-news01.blogspot.com, bisa diubah protokolnya menjadi https://Hot-news01.blogspot.com dengan menggunakan fitur https:// yang disediakan blogspot.
Contoh Blog tanpa akhiran blogspot.com -  http://namablogAnda.com, tidak bisa menggunakan fitur https:// di blogger.

Berikut perbedaan tentang http dan https

http ataupun https pada dasarnya sama karena mereka adalah sebuah sistem yang digunakan dalam pengiriman data antara dua perangkat komunikasi dalam jaringan data, yang membedakan adalah masalah keamanan dalam pengiriman data tersebut.
Sistem pengaturan dan cara pengiriman data ini disebut protokol.  Contohnya yaitu komunikasi data antara server Web dengan komputer Anda. Untuk lebih jelasnya simak pada penjelasan dibawah berikut.
http - Hyper Text Transfer Protocol  adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. (wikipedia).
Data paket yang dikirimkan melalui protokol http ini tidak di enkripsi terlebih dahulu, sehingga dapat dimungkinkan seseorang bisa membaca paket data yang melintas dalam jaringan tersebut. Oleh sebab itu, situs-situs perbankan (pengguna internet banking) dan lainnya yang memerlukan login dengan username dan password, tidak dianjurkan untuk menggunakan protokol http ini.
Sebagai penggantinya, situs-situs yang menggunakan login dengan username dan password atau pada penggunaan internet banking seperti perbankan tadi, lebih dianjurkan untuk menggunakan protokol https.
https - Hyper Text Transfer Protocol Secure  adalah kombinasi dari Hyper Text Transfer Protocol (http) dan Secure Socket Layer protokol (SSL) / Transport Layer Security (TLS).

Data paket yang dikirimkan melalui protokol https ini sudah melalui proses enkripsi (proses pengamanan data supaya isi data tidak dapat dibaca dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan khusus - wikipedia) sehingga informasi yang ada dalam paket data tersebut menjadi lebih aman dan tidak mudah untuk diketahui oleh orang lain yang sedang berada didalam jaringan data tersebut.

Berikut ada beberapa manfaat untuk blog  yang mengaktifan fitur https ini ?

1. Meningkatkan keamanan dan rasa percaya orang yang mengunjungi blog tersebut.
2. Fitur https secara otomatis meningkatkan kualitas SEO blog Anda khususnya dari sisi pengalaman pengguna.
Yang perlu diketahui sebelum mengubah http menjadi https. Sebelum jauh melangkah bagaimana cara mengubah protokol http menjadi https pada blog blogspot Anda, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal dibawah berikut.
  1. Perubahan protokol dari http ke https pada blog blogspot Anda dianggap berhasil apabila pada search tab di browser Anda menampilkan gambar gembok berwarna hijau dengan tulisan https di sebelah kanannya, yaitu pada saat Anda membuka halaman blog Anda. Lihat contoh gambar di bawah berikut.
    perbedaan http dengan https di browser chrome
    Perbedaan http dengan https di browser chrome
  2. Untuk Blog blogspot yang menggunakan template standard dan tanpa banyak melakukan perubahan, kemungkinan bisa selesai setelah langkah I, yaitu cukup dengan mengubah opsi https redirect menjadi YES.
  3. Untuk Blog Blogspot dengan template modifikasi biasanya terdapat sumber-sumber kode dari luar template. Seluruh sumber link dan tautan yang mengarah keluar dari blog Anda (baik itu bersumber dari javacsript, CSS, gambar, video, dll) wajib menggunakan protokol https juga.
    Jika tautan keluar yang digunakan belum menggunakan protokol https, biasanya akan terjadi konflik / error. Adanya konflik menyebabkan gambar gembok berwarna hijau tidak akan tampil, melainkan akan menampilkan gambar berbentuk Sheet (perhatikan gambar diatas bagian sisi sebelah kanan).
  4. Sebelum melakukan perubahan pada template. back-up data template blog Anda terlebih dahulu (jangan lupa juga untuk memback-up  data  widget pada menu layout).

Bagaimana cara mengubah http menjadi https ?

Untuk mengubah protokol http blog blogspot Anda menjadi https ikuti langkah mudahnya seperti dibawah berikut.

Langkah I :

1.  Masuk ke dashboard blog Blogspot yang ingin Anda ubah
2.  Pilih menu Setting (menu disisi kiri paling bawah)
3.  Pilih Basic
4.  Pilih pada bagian https
5.  Ubah pilihan pada https redirect menjadi "YES".
Perhatikan gambar animasi dibawah berikut :
mengubah setting http ke https di blogspot
mengubah setting https redirect di blogspot

Jika Blog Anda menggunakan template default blogger tanpa banyak modifikasi dalam template, besar kemungkinan ditahap ini fitur https sudah bisa berfungsi sempurna - gambar gembok warna hijau bertuliskan https:// tampil disamping alamat URL blog Anda.
Jika pada tahap ini belum berhasil, langkah selanjutnya adalah memperbaiki template Blog Anda. Ikuti langkah-langkahnya seperti berikut.

Langkah II :

1. Masuklah ke menu layout, Lakukan copy paste pada widget-widget tambahan yang ada dalam blog Anda, simpan sementara di aplikasi wordpad / notepad.
2. Setelah Anda menyimpan data-data widget, lanjutkan dengan memilih menu Template, lakukan back-up terlebih dulu, kemudian simpan  data tersebut untuk cadangan ketika mengalami error saat mengedit template nanti.
3. Setelah Anda memback-up template, pilih menu Edit HTML.
4. Copy semua kode HTML yang ada didalam template, gunakan ctrl+A lalu copy dengan ctrl+C.
5. Buka aplikasi program microsoft office Wordpad ( klik tombol start disisi kiri bawah >> All program >> Accessories >> wordpad ).
6. Lalu pastekan kode HTML tadi kedalam aplikasi wordpad dengan menekan ctrl+V
7. Setelah kode html terkopi dalam wordpad, kita akan menggunakan fungsi REPLACE ALL untuk mengganti http ke https.  
Untuk mengubah http menjadi https, sebaiknya kita mengganti terlebih dahulu semua huruf https menjadi http agar guruf S pada akhiran https tidak menjadi ganda (double - - httpss ). Jika ini terjadi, maka template tidak bisa berjalan dengan normal.
Perhatikan pada gambar animasi dibawah berikut.
mengubah https menjadi http
mengganti https menjadi http di wordpad

8. Setelah semua huruf https berubah menjadi http, maka barulah kita melakukan langkah yang sama seperti pada langkah ke 7  sebelumnya, namun sifatnya bertolak belakang yaitu kita akan mengubah dari http menjadi https kembali.
Perhatikan gambar berikut
mengubah kembali http menjadi https
mengganti kembali http mejadi https di wordpad

9. Setelah semua terganti menjadi https periksalah sekali lagi, pastikan semua protokol http sudah berubah menjadi https.
10. Copy kembali semua kode html pada wordpad yang sudah kita edit ( ctrl+A dilanjutkan  ctrl+C ). Pastekan ( ctrl+V ) semua kode tadi kedalam tempat mengedit template di dashboard blogspot.
11. Simpan template Anda, kemudian perhatikan hasilnya.
Sampai di tahap ini, seringkali template yang kita ubah dari http ke https belum berhasil. Hal ini sering disebabkan karena masih adanya link / tautan keluar yang ada didalam kode javascript ataupun dalam kode  CSS masih berbentuk http tersembunyi didalam widget / gadget blog .

Langkah III :

1. Bukalah file widget yang sudah Anda simpan sebelumnya (seperti widget kotak email berlangganan, hi-stats, DMCA badge, facebook widget, dll ).
2. Periksa satu persatu link yang terdapat dalam gadget tersebut, jika masih menggunakan http segera ubah menjadi https, lakukan untuk semua gadget yang  Anda gunakan pada template blog.
3. Jika sudah Anda ubah, pasang kembali gadget tersebut pada template sesuai dengan posisi sebelumnya.
4. simpan perubahan yang sudah Anda lakukan.
5. Periksa kembali, Apakah mode https sudah bisa bekerja ?
Pada percobaan yang sudah saya lakukan di blog saya fitur https sudah bisa bekerja dengan normal di tahap ini, protokol http sudah bisa berubah menjadi https dengan tampilnya gambar gembok berwarna hijau disamping kiri URL blog.
Jika sampai tahap ini, fitur https pada template Anda belum bekerja normal, berikut beberapa langkah akhir yang bisa saya informasikan
  1. Template Anda menggunakan eksternal javascript atau CSS yang menyimpan tautan / link dengan protokol http, solusinya adalah perbaiki tautan yang tersimpan pada eksternal javascript / CSS tersebut, ubah tautan dalam kode tersebut menjadi https terlebih dahulu (silahkan googling untuk merubah link/tautan dengan protokol http pada javascript external).
  2. Jika dalam template ada link / tautan dengan protokol http dan Anda tidak tau seperti apa fungsinya dalam template, cobalah untuk menghapus protokol tersebut, sehingga menjadi seperti ini saja, Contoh : //namaURL.com (sebelumnya http://namaURL.com)
  3. Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk melepas semua widget yang menggunakan javascript / CSS tersebut, kemudian simpan dan lihat kembali hasilnya.

Kesimpulan.

Fitur https lebih memberikan rasa keamanan bagi para pengunjung ketika berada mengakses blog Anda, selain itu juga akan meningkatkan kualitas SEO seperti yang sudah saya sampaikan diatas.
Untuk mengubah http menjadi https yang valid di blog blogspot, sangatlah tergantung dari tingkat kesulitan struktur template yang saat ini sedang Anda gunakan.
Untuk merealisasikannya dibutuhkan kesabaran dan usaha untuk terus mencoba sehingga fitur https ini valid dan bisa bekerja di template blog Anda. Demikianlah artikel tentang Cara mengubah http menjadi https di blog Blogspot ini bisa saya sampaikan, selamat mencoba dan semoga berhasil .
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments