Cara Cek Keyboard Pada Laptop


Cek Keyboar Pada Laptop - Sebelum kita mengecek keyboard laptop ada baiknya bagi kita mengenali ciri- ciri dari kerusakan keyboard tersebut, untuk masalah keyboard error pada laptop hal yang biasanya terjadi adalah pada saat pertama kali laptop dihidupkan akan terdengar bunyi "tiiit" berulang-ulang, Untuk membuktikanya cobalah laptop dengan kondisi keyboard normal, lalu kita hidupkan sambil menekan salah satu tombol keyboard tanpa dilepas, bunyi yang sama juga akan terdengar. Jadi kesimpulannya bunyi "tiit" tersebut terjadi karena tombol keyboard menekan terus tanpa kita tekan. Hal ini terjadi karena lapisan tembaga antar kedua permukaan lembab atau terlalu menempel. Sehingga kedua lapisan yang harusnya baru bisa menempel jika ditekan, maka akan menempel terus, dan mengakibatkan tombol tertentu layaknya seperti kita tekan

Bagaimana Cara Cek Keyboard Pada Laptop?

Untuk mengecek apakah keyboard laptop atau komputer kita rusak atau tidaknya kita bisa melakukan dua cara ini. 
Cara yang pertama dengan menggunakan situs online dan kedua dengan menggunakan software khusus keyboard tester.
Dengan cara online Anda bisa mengunjungi website Keyboard Tester. Silakan Anda tes keyboardnya dengan menekan semua tombol keyboard lalu lihat tombol mana yang tidak berfungsi.
Catatan:
  • Untuk menguji keypad numerik pastikan tombol Num Lock ON
  • Keyboard tester tidak dapat membedakan antara duplikat kunci (Shift, Ctrl, Alt, Enter) sehingga harus dicek satu persatu.
Cara yang ke dua menggunakan software Keyboard Tester. Cuma sayangnya untuk yang full versi kita harus rela mengeluarkan budget sebesar $24. Walaupun begitu kita bisa mencoba dulu versi free trial selama 30 hari.
Silakan Anda download terlebih dahulu software Keyboard Tester di website resmi www.passmark.com dan installkan di komputer atau laptop yang ingin dicek tombol keyboardnya.
Untuk menggunakan software keyboard test dalam mengecek keyboard laptop atau komputer sangatlah mudah. Anda tinggal menekan semua tombol-tombol keyboard dan lihat efek yang dihasilkan pada layar kerja PassMark KeyboardTest.

Penyebab keyboard laptop rusak

  1. Biasanya terjadi karena lapisan tembaga diantara kedua permukaan lembab atau terlalu menempel yang mengakibatkan kedua lapisan yang seharusnya akan menempel jika tombol ditekan. Pada keyboard tester jika hal ini terjadi maka akan bunyi terus menerus berbeda dengan tombol normal yang hanya sekali bunyi.
  2. Adanya debu yang berlebihan pada tombol akibat tidak pernah dibersihkan.
  3. Terlalu sering bermain game menggunakan tombol tertentu untuk mengontrol game, sebaiknya gunakan keyboard eksternal.

Cara merawat keyboard laptop

  1. Buka semua tombol keyboard menggunakan obeng kecil sebaiknya perhatikan posisi setiap tombol keyboard kemudian pisahkan karetnya.
  2. Ambil kuas atau cotton bud mulailah membersihkan dengan kuas namun jika menggunakan cotton bud (korek kuping) beri sedikit air untuk membersihkan debu kemudian diangin anginkan. Atau bisa juga dengan spon yang diberi detergen.
  3. Bagian karet cuci dengan air hangat kemudian keringkan
  4. Setelah semua proses beres pasang kembali tombol tombol tersebut sesuai dengan urutan abjad dan huruf pada papan keyboard.
Itulah cara cek tombol keyboard laptop rusak atau tidak serta penyebab rusaknya keyboard dan cara merawat keyboard, Tetapi jangan kwatir jika ternyata tombol keyboard rusak dalam hal ini tombol prntsc seperti yang admin alami, sementara kamu ingin menjepret atau screenshot sesuatu yang ada di layar laptop windows sudah menyediakan aplikasi Snipping Tool.
Untuk menggunakan fitur snipping tool, kamu hanya perlu klik icon windows > all programs > Accessories > Snipping Tool. Selamat mencoba semoga tombol keyboard laptop kalian tidak rusak.
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments