Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami – Kita semua pasti ingin mempunyai kulit yang bersih dan terbebas dari masalah kulit, seperti jerawat dan bekasnya pada wajah misalnya. Namun, untuk mendapatkan semua itu tentu bukanlah hal yang mudah.

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas ini mungkin dapat membantu sobat yang ingin tampil maksimal tanpa menggunakan obat - obatan atau biasa disebut dengan cara alami
 

Namun sebelum itu sobat wajib untuk tahu terlebih dahulu faktor apa saja yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah agar Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ini dapat bekerja secara maksimal saat diterapkan


Makanan dan minuman yang kita konsumsi ternyata bisa juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya masalah jerawat.

Daftar Makanan dan Minuman yang dapa Menyebab Jerawat


Berikut adalah daftar Makanan dan minuman yang dapat menyebabkan timbulnya masalah jerawat pada wajah yang mesti sobat ketahui.

  1. Es krim
  2. Mie instan
  3. Santan kental
  4. Junkfood
  5. Makanan yang mengandung MSG
  6. Makanan berlemak
  7. Gorengan
  8. Sambal goreng/balado
  9. Seafood (udang, kerang, cumi, kepiting) kecuali ikan.
  10. Kacang mete
  11. Kue-kue manis
  12. Kacang tanah
  13. Makanan berkarbohidrat tinggi
  14. Permen coklat
  15. Nasi goreng
  16. Mie bakso
  17. Susu full cream
  18. Mie ayam

Faktor Lainya yang dapat menyebabkan timbulnya masalah jerawat


Selain dari pada makanan dan minuman yang kita konsumsi ternyata masih ada lagi faktor eksternal lainya yang dapat memicu timbulnya masalah jerawat. Berikut diantaranya adalah

A. Faktor Hormonal


Saat menjelang datang bulan biasanya seorang wanita akan mengalami masalah jerawat diwajahnya, hal ini disebabkan karena faktor meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan kulit menghasilkan minyak berlebih, sehingga memicu timbulnya jerawat karena penumpukan lemak dijaringan kulit yang menyebabkan aliran darah tidak lancar dan tersumbat. Begitu pula remaja atau orang yang sedang jatuh cinta akan mudah muncul jerawat diwajahnya disebabkan meningkatnya hormon ditubuhnya. 

B. Faktor Bakteri


Biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan bakteri akan bertambah banyak dengan cara berkembang biak di kulit, yang disebut dengan p.acne, bakteri ini berkembang biak didalam kelenjar yang bernama sebaceous yang tersumbat sehingga menimbulkan iritasi didalam kulit. Pembengkakan akan terus terjadi didalam kelenjar dan kemungkinan besar akan pecah, inilah penyebab radang kulit yang menyebar di sekitanya, dan menimbulnya bekas luka karena jerawat yang membandel contohnya seperti jerawat batu yang biasanya lebih susah untuk di obati di bandingkan dengan jerawat - jerawat pada umumnya 

C. Faktor Make Up


Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang bagi kaum hawa salah memakai make up sehingga menimbulkan alergi di kulit. Pemilihan make up wajah yang benar adalah faktor kunci untuk menjaga kesehatan kulit anda. Maka pilihlah bahan kosmetik yang cocok sesuai dengan kulit kalian 

D. Faktor Keturunan


Faktor keturunan atau faktor genetis sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat di wajah kita. Orang tua baik ayah maupun ibu yang masa mudanya terkena jerawat maka anaknya juga akan mudah terkena jerawat. 

E. Faktor Stress


Faktor stress sangat penting dalam munculnya jerawat diwajah, stress/depresi dapat menyebabkan terganggunya kesehatan dan metabolisme terganggu, stress juga dapat memicu maag dan penyakit lainnya. Maka menjauhi stress dan perbanyak tertawa dapat meredakan timbulnya jerawat di wajah. 

F. Faktor Jenis Kulit


Orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih mudah terserang jerawat daripada yang memiliki jenis kulit kering, hal ini karena penyumbatan akibat minyak/lemak berlebih dialiran darah jaringan kulit. Umumnya jerawat muncul bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak atau sebaceus gland penyebab tersumbatnya saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Namun tidak menutup kemungkinan jerawat juga bisa muncul bagi yang memiliki kulit kering. 

G. Faktor Infeksi


Komedo timbul karena adanya kotoran yang menyumbat di kulit wajah. Terkadang orang yang terkena komedo tergerak untuk mengeluarkan 'komedo' dengan cara memencet-mencetnya sehingga timbul infeksi yang akhirnya menimbulkan jerawat. 

H. Faktor Lingkungan


Hidup dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, dll tak mungkin bisa menghindar dari polusi udara baik dari kendaraan bermotor, debu, dll. Wajah yang terkena kotoran dan polusi tentu akan menimbulkan masalah di kulit wajah anda maupun tubuh anda diperparah dengan cara hidup yang tidak sehat seperti merokok, salah penggunaan kosmetik dan waktu tidur yang tidak teratur akan jelas-jelas memicu timbulnya jerawat baik di wajah maupun punggung, dada dan lengan atas seseorang. 

I. Faktor Obat-Obatan


Aktivitas bakteri patogen yang meningkat bisa sebabkan timbulnya masalah jerawat dikarenakan daya tubuh seseorang itu menurun. Dan daya tubuh yang menurun ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi obat kortikosteroid baik diminum atau oral maupun topical (oles).

Kadang untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel atau jerawat batu memerlukan waktu yang lebih lama lagi dibandingkan dengan pengobatan jerawat biasa, untuk itu terapi secara tradisional/alami ini anda harus secara konsisten menjalaninya:

Tips Agar Bebas Dari Gangguan Masalah Jerawat



Yang terpenting untuk mencegah dan menghilangkan jerawat adalah menerapkan pola hidup sehat dengan demikian kondisi tubuh akan selalu prima dan racun-racun ditubuh akan dibuang dengan baik. Cara hidup sehat yang harus diterapkan adalah:

  • Rutin berolahraga dengan olahraga racun ditubuh akan dikeluarkan lewat keringat sehingga tubuh akan sehat
  • Kembangkan sifat yang tenang dan tidak mudah depresi
  • Perbanyak minum air putih untuk melancarkan metabolisme tubuh dan tubuh maksimal dalam membuang racunnya
  • Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran karena mengandung banyak vitamin dan serat
  • Jangan memencet-mencet jerawat karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan peradangan dan luka membekas dikemudian hari
  • Rajin dan rutin membersihkan wajah dengan air bersih dari debu, minyak serta kotoran dan bakteri penyebab timbulnya jerawat sehingga kulit wajah selalu terjaga kebersihannya
  • Hindari begadang yang tidak perlu
  • Hindari merokok dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga minuman yang berkarbonasi, hindari juga iodized dan sugary foods
  • Jangan memakai kosmetik rias saat menjelang tidur kalau ada usahakan wajah dicuci bersih
  • Segera cuci bantal atau handuk maupun helm yang kotor
  • Bersihkan muka dengan sabun khusus wajah 2X perhari agar minyak berlebih hilang, pastikan pilih sabun yang cocok untuk anda untuk kulit berminyak atau sabun khusus kulit kering, jangan terbalik
  • Gunakan facial wajah secara rutin dan juga konsumsi herbal untuk membuang racun dan mempertinggi daya tahan tubuh seperti black seed oil atau jintan hitam alias habbatussaudah

cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami


Jika kita menggunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat, kita diharapkan untuk tetap konsisten dan sabar, karna memang prosesnya tidaklah instant, dan khasiatnya belum bisa dirasakan dalam Semalam. Namun cara alami terbukti sangat aman untuk wajah dan kita tidak perlu takut akan efek sampingnya.

Berikut adalah bahan alami yang bisa kita gunakan untuk melakukan perawatan agar wajah terhindar dari masalah jerawat.

1. Bahan Alami Bawang Putih Untuk Mengobati Jerawat


Bahan tradisional ini sangat dikenal didunia kuliner sebagai salah satu bahan penyedap makanan terutama chinese food. Bawang putih mengandung zat anti koagulan yaitu anti pembekuan darah, karenanya banyak penderita hipertensi dan pengidap kolesterol tinggi mengkonsumsi ekstrak bawang putih sebagai obat pencegah penggumpalan/pembekuan darah. 

Zat dalam bahan alami ini juga dikenal sebagai bahan anti bakteri (membunuhnya), maka jika jerawat yang muncul diakibatkan karena bakteri maka terapi tradisional ini bisa menjadi alternatifnya, bagaimana caranya? Caranya cukup ambil 1 siung bawah putih jangan lupa kupas kulitnya lalu lumatkan dan oleskan pada kulit yang berjerawat dan biarkan selama 20 menit lalu cuci dengan air bersih. 

2. Bahan Alami Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat


Bahan tradisional ini bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami karena dipercaya banyak mengandung khasiat untuk mengurangi kadar minyak yang berlebihan dikulit wajah serta membersihkan sel-sel kulit mati, hal ini membuat jeruk nipis banyak dipakai untuk pengobatan dan kecantikan tradisional di negara kita. 

3. Bahan Alami Parutan Jagung Untuk Pengobatan Jerawat


Vitamin A berfungsi selain untuk kesehatan mata juga untuk mencegah penuaan dini serta menjaga elastisitas kulit, bahan alami ini juga banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk mencegah terjadinya jaringan parut/keriput di kulit serta membangun jaringan ikat kulit. Cara memakainya adalah:

4. Bahan Alami Tomat Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat


Bahan tradisional ini banyak mengandung vitamin C dan vitamin A yang secara alamiah mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya, caranya yaitu: 

  1. Ambil 1 buah tomat yang sudah matang lalu potong-potong menjadi beberapa bagian
  2. Ambil bagian yang terpotong-potong kecil itu lalu diletakan diatas kulit wajah
  3. Diamkan tomat diatas kulit wajah selama 20 sampai 30 menit
  4. Lalu jangan sampai lupa untuk membilas wajah lebih bagus lagi dengan air hangat
  5. Lakukan terapi ini 2 atau 3 kali dalam seminggu secara teratur atau konsisten 

5. Bahan Alami Minyak Zaitun Untuk Mengobati Jerawat


Bahan tradisional ini tanamannya banyak dijumpai ditimur tengah sana namun anda bisa dengan mudah membelinya dimal, apotek atau toko dalam bentuk minyak Minyak Zaitun banyak dikenal didunia kuliner sebagai campuran bahan makanan yang lezat maupun dikenal dalam dunia kecantikan dan pengobatan. Berbeda dengan minyak lainnya yang membuat jerawat dikulit justeru minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit tubuh. 

Zat didalam minyak zaitun berkhasiat mempertahankan kulit anda dan melembutkan kulit terutama wajah. Minyak zaitun juga berkhasiat untuk kesehatan rambut anda, dan untuk menghilangkan jerawat begini caranya: 

  1. Dimalam hari sebelum anda tidur oleskan beberapa tetes minyak zaitun kekulit wajah anda
  2. Jangan lupa untuk memijit-mijit wajah anda secara lembut dan menyeluruh secara teratur cukup selama 5 menit saja
  3. Lalu bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air hangat
  4. Lakukan terapi ini 2 atau 3 kali dalam seminggu secara teratur sampai noda bekas jerawat anda hilang 

6. Bahan Alami Gel Lidah Buaya Untuk hilangkan Jerawat


Bahan tradisional ini banyak ditemukan disekitar kita dan zat aktifnya dipercaya mampu membersihkan kulit, penggunaan lidah buaya ini sudah ada sejak zaman romawi kuno untuk mengobati luka ditubuh, mau mencoba terapi ini? Ini dia caranya: 

  1. Pertama-tama anda bersihkan kulit wajah anda lalu bersihkan dengan handuk
  2. Petik daun lidah buaya yang masih segar
  3. Kemudian dibelah pakai pisau atau tangan dan keluarkan jelnya
  4. Lalu usapkan jel lidah buaya tadi ke kulit wajah dan biarkan selama 10 sampai 15 menit
  5. Lalu bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air bersih
  6. Lakukan terapi ini 2 atau 3 kali dalam seminggu secara teratur 

7. Bahan Alami Putih Telur Untuk Mengobati bekas Jerawat


Bahan tradisional ini dikenal oleh para pakar kecantikan sebagai pengencang kulit terutama kulit wajah, bahan alami ini juga bisa digunakan untul menghilangkan jerawat dan bekasnya, caranya: 

  1. Pertama-tama anda bersihkan kulit wajah anda lalu bersihkan dengan handuk
  2. Lalu ambilah 1 butir telur lalu pecahkan dan pisahkan antara kuning telur dengan putih telurnya
  3. Putih telur itu ambil lalu dibuat masker diwajah
  4. Biarkan selama 10 sampai 15 menit
  5. Lalu bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air dingin
  6. Lakukan terapi ini 2 atau 3 kali dalam seminggu secara teratur atau konsisten 

8. Bahan Alami Madu Untuk Mengobati Jerawat



Bahan tradisional ini sudah sejak lama digunakan untuk terapi kecantikan dan kesehatan. Bahkan khasiat madu ini termaktub dalam kitab suci AlQuran. Madu dikenal sebagai zat penyambuh alami yang terdiri dari enzim, anti bakteri dan antioksidan yang tinggi. 

Madu juga baik untuk menghilangkan jerawat di punggung maupun diwajah, mempercantik, mengencangkan sekaligus menghaluskan kulit terutama wajah. Khasiat madu bisa digunakan untuk "menghilangkan noda bekas jerawat" serta mengurangi dan menghilangkan iritasi kulit. Karena sifatnya yang anti bakteri atau membunuh bakteri maka madu sangat baik bagi penderita jerawatan maupun orang yang terkena sakit perut, 

untuk terapi alami ini caranya yaitu ambil 1-2 sendok madu asli atau madu murni dan oleskan langsung diwajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan selama 15-20 menit lalu cuci kulit wajah dengan air bersih lakukan selama 2-3 minggu secara berturut-turut, maka wajah andapun akan kelihatan berbeda sebelum perawatan dilakukan. Selamat mencoba. 

9. Bahan Alami Ampas Teh Hitam Untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat


Bahan alami ini selain mengandung kadar antioksidan yang tinggi juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat dan ini dia caranya : 

  1. Pertama-tama anda bersihkan kulit wajah anda lalu bersihkan dengan handuk
  2. Lalu secara perlahan oleskan bahan tradisional ini kekulit wajah anda
  3. Biarkan selama 15 menit
  4. Lalu bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air bersih
  5. Lakukan terapi ini 2 atau 3 kali dalam seminggu secara teratur sampai noda bekas jerawat anda hilang

Mungkin cukup sekian dulu dari saya pada postingan saya kali ini, silakan sobat pilih salah satu terapi menghilangkan bekas jerawat secara alami diatas, pilih salah satu saja yang dianggap mudah dan jangan lakukan terapi diatas sekaligus dalam satu waktu. semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments